NEWS

Perayaan 17 Agustus ke 74 di SMP Joannes Bosco Yogyakarta

Senin, 19 Agustus 2019 / NEWS

Perayaan 17 Agustus ke 74 di SMP Joannes Bosco Yogyakarta dilaksanakan secara meriah oleh seluruh warga sekolah. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 yang diawali dengan upacara Bendera yang diikuti oleh  guru, siswa dan karyawan.  Tujuannya untuk memaknai hari kemerdekaan dan menanamkan nasionalisme bagi seluruh civitas SMP Joannes Bosco Yogyakarta.

Perayaan hari kemerdekaan tahun ini cukup istimewa karena orang tua siswa hadir ke sekolah bukan hanya untuk menjemput anaknya tetapi juga untuk mengikuti kegiatan  Family Gathering. Sekolah bekerja sama dengan orangtua dan wali siswa telah menyiapkan berbagai perlombaan dan kegiatan yang menarik. Kegiatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Agustina Nuranisah Safriatun dilanjutkan dengan sambutan pembuka oleh Ibu Asterina Septiyani selaku  Kepala Sekolah yang menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun keakraban antara siswa, guru dan orang tua siswa karena pada tahun ajaran 2019/2020 ini sekolah memiliki komitmen untuk lebih melibatkan orang tua siswa dalam melaksanakan program sekolah.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk pembacaan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Pengangkatan Pengurus Pemerhati Sekolah dilanjutkan dengan serah terima Pengurus Pemerhati Sekolah dari Bapak Tatang kepada Ibu Kiki yang disaksikan oleh Kepala Sekolah SMP Joannes Bosco Yogyakarta. Peran Pemerhati Sekolah sangat penting sebagai mitra sekolah dalam melaksanakan program sekolah yaitu sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), pengontrol (controlling agency) dan mediator.

Perayaan ini dilanjutkan dengan senam zumba bersama yang diikuti oleh seluruh yang hadir sebagai penghangat suasana dan pemecah kebekuan. Orang tua yang belum saling mengenal, para siswa yang tadinya tersebar di pinggir lapangan serta para guru yang semula masih formal sontak menyatu di tengah lapangan  untuk mengikuti kegiatan ini. Sesekali terdengar nyanyian dari siswa-siswa mengikuti lagu pengiring zumba, memang instruktur sengaja memilih beberapa lagu yang sedang hits untuk menarik semua orang mengikuti gerakan zumba. Suasana menjadi makin meriah.

Setelah itu berbagai lomba dilangsungkan antara lain lomba makan kerupuk, lomba memindahkan karet dengan sedotan dan lomba tumpeng yang diikuti oleh siswa beserta orang tua. Antusiasme nampak dari seluruh yang hadir, mereka menyemangati masing-masing tim agar menjadi pemenang lomba.   Penutup rangkaian kegiatan adalah makan bersama wali kelas, orang tua siswa dan siswa setiap kelas menikmati tumpeng yang tadi dilombakan.  Pada cara makan bersama ini panitia mensyaratkan tidak memakai plastik sekali pakai, mika dan stereofoam agar tetap konsisten dengan nilai-nilai sekolah untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan dengan mengurangi pemakaian sampah  anorganik.

Makan bersama tersebut menjadi media bagi orang tua, siswa dan guru untuk saling menyapa  dan lebih mengenal satu sama lain harapan sekolah agar komunikasi terjalin tercapai kali ini. Setelah pengumuman pemenang lomba dan doa penutup, semua yang hadir bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekolah agar dapat nyaman untuk dipakai kembali dalam kegiatan belajar mengajar.  Semua yang hadir terlihat senang dengan kegiatan family gathering , terlepas dari semua kekurangan yang ada. Sebuah awal yang baik untuk memulai tahun ajaran ini.

    Kirim Komentar